Kursus Komputer Antara Keberhasilan dan Kegagalan

kursus komputer
Kursus Komputer Antara Keberhasilan dan kegagalan

Kursus komputer telah menjamur banyak diantaranya menghasilkan lulusan terbaik dan sukses dalam karir serta bisnis yang dirintisnya. Namun tidak sedikit juga yang selepas mengikuti kursus komputer tidak membuahkan hasil dari apa yang diharapkan sama peserta kursus.

Kenapa ada yang berhasil, ada yang biasa saja bahkan ada yang tidak mengalami perubahan apapun setelah mengikuti kursus komputer. Banyak faktor yang mempengaruhi kegagalan peserta kursus komputer. Berikut beberapa faktor yang bisa saya sebutkan.

5 faktor penghambat keberhasilan setelah mengikuti kursus komputer

 

  1. Kurang bersemangat

Dapat kita jumpai tiap peserta awalnya bersemangat mengikuti materi karena berharap keberhasilan berpihak pada mereka setelah mengetahui kesuksesan mentornya. Iming-iming saja tidak cukup tanpa kosistensi belajar dari diri mereka sendiri.

 

  1. Tidak konsisten

Banyak yang tidak melanjutkan program kursus mereka dan berhenti di tengah jalan. Kalau untuk kelas offline biasanya ditandai dengan jarang datang ke kelas, malahan tidak lagi menghadiri kelas dan bagi pembukaan kursus kelas online biasanya saya mengalami dalam satu grup komunitas chat, mereka tidak lagi seaktif diawal. Menjadi silent reader saja.

Arti sebuah konsistensi yang pernah saya baca yaitu kosistensi = setiap hari. Ya ia dilakukan setiap hari, entah pelakunya suka atau tidak. Disini peran serta ‘konsitensi’ keberadaannya dijunjung.

 

  1. Malas

Malas faktor disetiap kegagalan (dalam hal apapun) pasti ada dia didalamnya. rasa malas selalu dinobatkan sebagai pemicu faktor terbesar kegagalan seseorang. Lebih ekstrimnya kalau ada orang beralasan tidak ada waktu, tiada lain dia seorang pemalas sejatinya.

Ingat sibuk itu soal prioritas. Ketergantungan Anda menilai mana yang harus didahulukan. Rasa malas Anda atau malah memprioritaskan kemajuan Anda.

 

  1. Tertinggal materi

Merasa masih bisa pada tahapan materi awal akhirnya timbul untuk menunda praktek adalah hal yang bisa jadi Anda tertinggal pada materi selanjutnya. Karena materi mengikuti kursus komputer tahapan awal ini penting untuk disimak sekalipun itu hal yang sangat mudah buat Anda, adanya keterkaitan yang erat dengan materi selanjutnya ini maka agak susah kalau Anda tidak menyimak dengan baik materi-materi awal ini.

 

Ketertinggalan materi biasa terjadi pada peserta kursus yang terlalu menyepelekan materi dasar di awal.  Ini pondasi kita untuk mudah memahami materi-materi selanjutnya.

 

  1. Terlalu santai

Kesibukan Anda tidak hanya pada soal belajar di kelas kursus komputer saja. Disini pandainya Anda harus membagi waktu dan memanfaatkan waktu untuk konsentrasi pembelajaran apa yang didapat dari mengikuti kelas komputer.

Perencanaan waktu, bahkan membuat waktu fix dimana Anda bisa belajar full di waktu tersebut agar lebih mendapatkan hasil yang baik, ini bagus sekali. Misalkan sehabis pulang kerja jam 8 sampai 9 malam, Anda mengulang kembali materi yang diajarkan di kelas komputer kursus komputer. Dalam waktu yang relatif singkat tersebut manfaatkan dengan baik dan konsisten, hasil yang didapatkan InsyaAllah diluar ekspetasi Anda.

Kelima faktor diatas hanya sebagian saja yang saya temui di lapangan, faktanya mungkin masih banyak faktor di luar itu yang tidak terlihat. Psikologi peserta kursus atau kecerdasaan emosionalnya kadang menjadi faktor penting untuk kesuksesan peserta setelah selesai mengikuti kursus komputer.

 

Adakah solusi keberhasilan dari kelima faktor diatas setelah mengikuti kursus komputer?

 

Solusi, jelas ada. Karena setiap permasalahan pasti ada solusinya bagi orang yang mempunyai sikap positif dan optimis. Solusi singkat dari kelima faktor diatas bisa dilihat pada uraian berikut.

 

  • Kurang bersemangat

Kenali hal apa yang membuat Anda tidak bersemangat, lakukan hal sebaliknya (yang bertentangan). Misal Anda tidak bersemangat untuk memulai menulis sebuah artikel blog, melakukan kebalikannya ya buka Ms.Word di laptop Anda lalu tulis saja dulu apa yang ada di kepala Anda. Soal kesalahan dalam penulisan, alur tulisan nanti diperbaiki setelah selesai menulis. Edit kembali di akhir penulisan.

Setelah mengenali apa yang membuat Anda tidak bersemangat, melakukan hal kebalikannya, solusi akan terus ada buat Anda. Ia akan menciptakan dirinya sendiri buat Anda. Bisa jadi ia yang berbentuk pola pikir yang apabila Anda tidak lakukan saat ini, maka akan ada sebuah konsekuensi yang Anda harus terima di kemudian hari.

 

  • Tidak konsisten

Konsistensi seolah harga mati dari arti kesuksesan. Dalam hal apapun yang mau kita raih untuk hasil yang memuaskan, maka konsisten adalah jalan yang harus Anda tampaki. Ini juga artinya berarti Anda harus berani memaksa diri untuk melakukan hal secara berkesinambungan.

 

  • Malas

Rasa malas bisa dilawan dengan sebuah impian Anda, pada apa yang jika Anda lakukan maka impian Anda akan dekat dengan Anda dan segera terealisasikan. Dan jika tidak dilakukan saat ini juga, maka Anda bisa membayangkan akibat buruk dari sebuah konsekuensi yang akan Anda terima dikemudian hari kelak.

Contoh: Anda menunda belajar kembali materi website yang sudah Anda terima di kelas website, karena lebih suka scrolling news feed fb Anda, melihat status fb teman-teman Anda, komen sana komen sini, maka pikirkan kalau Anda terus menundanya, Anda tidak akan mahir membuat website. Anda tidak akan bisa menerima pesanan website yang padahal bisa dikatakan caranya mudah, karena point-point tesebut Anda sudah lupa. Anda kehilangan satu kesempatan dimana Anda mendapatkan penghasilan jutaan rupiah dari jasa website ini.

 

  • Tertinggal materi

Take action segera mungkin jikalau Anda merasa tertinggal materi sebelum Anda sangat jauh sekali tertinggal. Ini akan mengakibatkan Anda susah mengejarnya. Take action, kejar, sekecil apapun tindakan Anda. Sediakan waktu (bukan menyediakan) untuk mengejar materi, bertanya sama teman & mentor Anda.

 

  • Terlalu santai

Selalu ingat untuk mengejar kesuksesan, Anda butuh proses. Nikmati proses mengikuti kursus komputer dengan terus bergerak. Kata santai bisa Anda titipkan sementara di akhir pekan bersama orang-orang yang Anda cintai.

Salah satu cara melawannya sama seperti solusi pada ‘menghantam rasa malas’. Dengan memahami konsekuensi dan tanamkan impian yang besar pada diri Anda. Pikirkan kalau Anda mengerjakan hal ini saat ini juga, maka target omset Anda 50juta akan tercapai bulan ini. Tentunya dengan target realisasi dan action Anda yang terukur.

 

Sekian fenomena yang terjadi mengapa setelah mengikuti kursus komputer bisa menjadikan keberhasilan yang dekat atau malah kegagalan yang Anda terima. Belajar brutal dan harus brutal juga actionnya.

error: Content is protected !!