Gambaran Umum Pekerjaan Jasa Pembersih Kaca Gedung

Inilah Gambaran Umum Pekerjaan Jasa Pembersih Kaca Gedung

jasa pembersih kaca gedung

Pekerjaan jasa pembersih kaca gedung – Perkembangan zaman mempengaruhi wajah kota-kota besar, kini banyak berdiri gedung-gedung pencakar langit, yang mana gedung-gedung tersebut paling tidak memiliki lebih dari 5 lantai yaitu lebih dari 25 meter. Ambil contoh seperti di Jakarta. Perannya sebagai ibu kota Negara, Jakarta terdapat banyak gedung-gedung bertingkat.

Gedung-gedung bertingkat ini memiliki berbagai kegunaan yakni  digunakan sebagai gedung perkantoran, hotel, apartement, mall, rumah sakit, sekolah, instutusi pemerintah dan lain sebagainya. Gedung-gedung tersebut tentunya membutuhkan perawatan khusus agar tetap terlihat bersih dan tetap menawan. Entah pada bagian dalam maupun pada bagian luar gedung, keduanya harus dirawat dengan baik. Nah, jasa layanan pembersih kaca gedung sangat dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan tersebut.

Jobdesk dan peralatan wajib penyedia jasa pembersih kaca gedung

Gambaran Umum Pekerjaan Jasa Pembersih Kaca Gedung

Mereka membersihkan kotoran yang menempel pada kaca jendela dan dinding akibat polusi dan paparan debu di gedung-gedung bertingkat. Pekerjaan ini mengharuskan mereka bekerja di luar gedung dengan menaiki gondola ataupun menggunakan seutas tali yang kuat menopang beban tubuhnya.

Pekerjaan ini di awali dari lantai paling atas hingga lantai paling bawah bangunan. Peralatan dan bahan yang dibutuhkan dalam tugas mereka yaitu ember, kain lap atau karet pembersih, air dan tentunya cairan pembersih. Sementara itu alat pelindung diri yang seharusnya digunakan yaitu:

  1. Tali pengaman tubuh

  2. Tali pengaman gondola

Karena gondola sangt riskan akibat getaran dari tiupan angin di tempat ketinggian, maka alangkah baiknya demi keselamatan diri sendiri, gondola harus dilengkapi dengan tali yang kuat dan rangka yang kokoh.

  1. Helm keselamatan

Gunakan hem berstandar yang dapat melindungi kepala dari benturan.

  1. Kaca mata hitam

Gunanya untuk melindungi mata dari sinar matahari yang menyilaukan dan nelindungi pula dari debu yang masuk ke mata.

 

  1. Sarung tangan

Gunakan sarung tangan lateks tebal agar tidak terasa licin.

Mengapa Harus Memilih Pekerjaan Pembersih Kaca Jendela Gedung Bertingkat?

Pekerjaan ini dipertimbangkan bukan karena pekerjaan membersihkan kacanya yang mudah, akan tetapi karena tingkat risikonya yang tinggi yaitu apabila terjatuh, tentu tidak hanya mengakibatkan cedera saja, namun nyawa pun turut dipertaruhkan (kematian). Kasus tewas akibat jatuhnya gondola cukup sering terjadi. Bahkan data Asosiasi Ahli Keselamatan Kerja Bangunan Tinggi (A2K2BT) menunjukkan presentase kecelakaan kerja pada tempat ketinggian di Indonesia tertinggi nomor dua di dunia setelah Tiongkok.

Tercatat ada lima kasus kecelakaan per hari. Bahkan baru-baru ini, terdapat dua pekerja pembersih kaca yang tewas terjatuh ketika bekerja di salah satu pusat perbelanjaan di bilangan Jakarta Selatan. Meskipun pekerjaan ini terhitung pekerjaan high risk, namun tmpekerjaan ini sangat mulia dan bermanfaat bagi banyak orang. Untuk itulah keberadaan jasa pembersih kaca gedung tentunya harus diapresiasi.

Durasi Pekerjaan

Jasa pembersih kaca jendela merupakan jenis pekerjaan rutin dan dibutuhkan kapan saja. Pekerja pembersih kaca jendela gedung telah terbiasa bekerja setiap hari, mulai dari pukul 07.00 hingga pukul 17.00 dengan waktu istirahat kurang lebih selama 1 jam yaitu dari pukul 12.00 hingga pukul 13.00.

Bahkan meski hari libur nasional pun pekerja harus rela masuk demi profesionalitas mereka. Ini merupakan bentuk dedikasi dan keprofesionalan mereka terhadap pekerjaan dan tugasnya.

Risiko pekerjaan

Ini merupakan bagian terberat dan sering menjadi momok yang membayangi mereka yang bergelut di bidang jasa pembersih kaca . Adapun resiko pekerjan ini berupa:

  • Terjatuh

Seperti putusnya tali pengaman gondola, tangan slip ketika memegang tali, atau ketika gagal menjangkau tempat yang hendak dibersihkan.

  • Terkena pecahan kaca jendela

Jika pekerja tak sengaja memecahkan kaca, meeka beresiko terkena pecahan kaca tersebut.

  • Kaku otot karena berdiri dalam waktu lama

Pekerjaan yang berulang-ulang membebani satu jenis otot. Maka ada saat tertenti pekerja merasa kram otot (bisa tangan ataupun kaki). Ini disebabkan pula karena ruang gerak pekerja kurang luas, sebab ukuran gondola yang terlalu sempit.

Selain beberapa resiko di atas, mereka yang menggeluti pekerjaan sebagai pembersih kaca gedung pun harus mengalami beberapa gangguan semacam:

  • Bising

Mesin pembersih yang digunakan menimblkan suara bising. Ditambah lagi ketika gedung tersebut berada di pusat kota dengan segala ke-semrawutan-nya. Tentu ini adalah salah satu masalah yang mengganggu konsentrasi pekerja.

  • Debu

Tentunya pekerja akan terpapar debu selama proses pembersihan. Karena itulah pekerja dianjurkan memakai kacamata. Memilih untuk berprofesi sebagai penyedia jasa pembersih kaca tentulah membutuhkan alat pengamanan untuk kemanan saat bekerja.

  • Polusi udara

Pusat kota adalah kontributor polusi udara. Tentunya ini cukup mengganggu para pekerja dalam menyelesaikan tugasnya.

  • Terik matahari

Ini masalah paling utama bagi pembersih kaca gedung. Terutama ketika matahari sedang bersinar dengan teriknya. Sinarnya yang memantul dari kaca gedung sangat menyilaukan mata.

  • Faktor cuaca seperti terpaan angin, awan mendung yang mengandung muatan elektrostatik atau listrik. Memang terasa serba salah, ya? Karena ketika mendung, pekerja dibayangi petir-petir yang berkilat.
  • Stress

Stress dipicu karena bekerja di tempat yang sangat tinggi. Bagi mereka yang phobia ketinggian sudah pasti tidak mampu bertahan lama di bidang ini.

Tips Meminimalkan Bahaya

Resiko memang banyak mengintai pekerjaan ini, namun bukan berarti pekerjaan ini harus dihindari, sebab jika mampu memenuhi prosedur yang tepat dan berstandar, maka dapat meminimalkan resiko kecelakaan kerja.

  1. Mematuhi SOP

Patuhi standar operasional pekerjaan, jika terdapat aturan yang ketat, tidak lain hanya untuk kebaikan pekerja sendiri

  1. Standarisasi gondola

Penetapan standar gondola yang baik akan mengurangi resiko kecelakaan kerja. Rangka gondola kokoh, tali baja, tali pengaman dan kapasitas beban adalah beberapa standar yang harus diperhatikan.

  1. Menggunakan helm keselamatan

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa helm merupakan eralatan keselamatan yang wajib digunakan.Tentunya helm harus berstandar nasional dan kokoh.

  1. Menggunakan tali pengaman tubuh

Sama halnya dengan helm, tali merupakan salah satu peralatan penunjang keselamatan yang sangat penting.

Itulah Gambaran Umum Pekerjaan Jasa Pembersih Kaca Gedung

 

error: Content is protected !!